Select your Top Menu from wp menus

Anggaran THR dan Gaji 13 Tahun Ini Mencapai Rp 17,3 Triliun

Anggaran THR dan Gaji 13 Tahun Ini Mencapai Rp 17,3 Triliun

Berita Ekonomi, Fifa Berita, Jakarta – Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani meyakinkan biaya untuk membayar upah ke-13 serta Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan membengkak di banding realisasi 2016 sekitaran Rp 17, 9 triliun.

Anggaran THR dan Gaji 13 Tahun Ini Mencapai Rp 17,3 Triliun

” Iya jikalau naik hanya sedikit, ” tegas Askolani selesai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Lebih jauh kata dia, biaya THR serta upah ke-13 tidak bertambah penting karna th. ini tak ada kenaikan upah pokok. Jumlah PNS juga sama juga dengan th. lantas.

” Th. ini kan tak ada kenaikan upah pokok. Dia (biaya) dapat naik bila ada penambahan upah pokok, nah th. ini kan tidak, serta jumlah PNS juga sama, jadi peluang anggarannya tidak demikian naik, ” Askolani menerangkan tanpa ada menyebutkan jumlah persis biaya yang digelontorkan th. ini.

Dia meyakinkan, pembayaran THR serta upah ke-13 bakal mendorong mengkonsumsi rumah tangga, hingga dapat berikan peran pada perkembangan ekonomi. ” Umumnya beresiko ke ekonomi sih, mengkonsumsi rumah tangga. Di bebrapa th. terlebih dulu berefek, ” tuturnya.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono terlebih dulu memprediksi biaya upah ke-13 serta THR th. ini semakin besar dari realisasi th. lantas. ” Keperluan dana untuk upah ke-13 serta THR di 2017 diprediksikan bakal diatas biaya th. lantas, ” kata Marwanto.

Menurut dia, kenaikan biaya THR serta upah ke-13 th. ini karna banyak hal, seperti kenaikan pangkat hingga turut mengerek upah pokok, dan menambahkan jumlah pegawai di sebagian Kementerian/Instansi (K/L) ataupun penambahan remunerasi serta tunjangan kemampuan.

” Kenaikan biaya untuk THR dikarenakan ada kenaikan pangkat hingga upah pokoknya turut naik. Juga ada kenaikan upah berkala dari pegawai, serta jumlah pegawai di sebagian K/L jadi bertambah, ” terang Marwanto.

Sesaat untuk potensi penambahan biaya upah ke-13 di 2017, kata Marwanto karena sebab penambahan remunerasi atau tunjangan kemampuan di sebagian K/L. Karna didalam biaya upah ke-13 termasuk juga di dalamnya remunerasi serta tunjangan kemampuan.

” Jadi tersebut yang mengakibatkan dengan cara keseluruhan dana yang dibutuhkan bakal bertambah, ” terangnya.

Marwanto menyebutkan realisasi pembayaran upah ke-13 serta THR th. lantas, keseluruhan sekitaran Rp 17, 9 triliun. Rinciannya, ia menjelaskan, dana untuk membayar upah ke-13 PNS aktif di 2016 sekitar‎ Rp 6, 5 triliun, upah ke-13 untuk pensiunan PNS Rp 6, 2 triliun, serta THR untuk PNS aktif Rp 5, 2 triliun.

” Jadi keseluruhan dana yang di keluarkan th. lantas untuk upah ke-13 serta THR sekitaran Rp 17, 9 triliun, ” ucap Marwanto.

Dianya mengungkap, sekarang ini pemerintah tengah merampungkan Ketentuan Pemerintah (PP) sebagai payung hukum dari kebijakan pembayaran upah ke-13 serta THR. Sesaat untuk tata langkah pencairannya bakal di keluarkan ketentuan juknis (panduan tehnis) berbentuk Ketentuan Menteri Keuangan (PMK) sesudah PP diputuskan.

” Saat ini dengan cara paralel tengah di finalisasi PMK pencairan upah ke-13, pensiunan ke-13 serta THR, ” Marwanto menyampaikan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *