Select your Top Menu from wp menus

Amien Rais ungkapkan Bantuan Sebesar Rp 600 Juta

Amien Rais ungkapkan Bantuan Sebesar Rp 600 Juta

Fifa Berita, Politik Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais membuka argumen kenapa Ketua PAN periode 2005-2010 Sutrisno Bachir ingin menolong pendanaannya. ” Saya pernah ajukan pertanyaan ke Sutrinso mengapa bantu beragam aktivitas saya jawabnya ‘Mas Amien saya diminta ibunda saya untuk bantu Anda’, jadi setiap bln. dia menolong operasional saya anggap lumrah, ” kata Amien Rais dalam konferensi pers di tempat tinggalnya di Jakarta, Jumat (2/6).

Amien Rais ungkapkan Bantuan Sebesar Rp 600 Juta

Amien Rais mengemukakan hal tersebut pascatuntutan jaksa penuntut umum (JPU) KPK pada bekas menkes Siti Fadilah Supari yang menyebutkan kalau Amien Rais juga turut terima dana pembayaran pengadaan alat kesehatan (alkes) manfaat mengantispasi peristiwa mengagumkan (KLB) 2005 sebesar Rp 600 juta lewat transfer yang dikerjakan pada 26 Desember 2006 – 2 November 2007.

Dana itu datang dari Nuki Syahrun yakni Ketua Sutrisno Bachir Foundation (SBF) yang juga ipar dari Sutrisno Bachir yang waktu itu menjabat sebagai ketua PAN (2005-2010). Suami Nuki, Rizaganti Syahrun adalah rekan dari Direktur Paling utama PT Mitra Medidua Andi Krisnamurti sebagai ” supplier ” alat kesehatan untuk PT Indofarma Tbk sebagai pemenang pengadaan alkes untuk ” buffer stok ” di Kemenkes.

” Pada 2007 itu saya telah tiga th. tak akan menjabat ketua MPR, namun pertolongan sepanjang enam bln. pada 2007 itu jadi tema berita yang begitu menarik serta saya ikuti dengan cara tegas serta berani, ” lebih Amien.

Ia juga mengakui bakal hadapi hal tersebut dengan jujur, tegas serta apa yang ada. ” Bila peristiwa 10 th. lantas disibak dengan bumbu dramatisasi di mass media jadi saya bakal hadapi dengan jujur, tegas serta apa yang ada, ” ungkap Amien.

Amien mengakui kalau Sutrisno Bachir yaitu tokoh yang baik serta dermawan. ” Mas Tris menolong banyak pihak bahkan juga persahabatan saya dengan Sutrisno Bachir telah lama sebelumnya PAN lahir th. 1998, Mas Tris yaitu pengusaha yang berhasil serta senantiasa berikan pertolongan pada beragam aktivitas saya baik sosial ataupun keagamaan, ” lebih Amien.

Dalam tuntutan Siti Fadilah, dijelaskan kalau ada aliran dana dari Mitra Medidua Suplier PT Indofarma Tbk dalam pengadaan alkes dengan PAN yakni Sutrisno Bachir, Nuki Syahrun, Amien Rais, Tia Nastiti (anak Siti Fadilah) ataupun Yayasan Sutrisno Bachir Foundation. Pemenang proyek pengadaan itu yakni PT Indofarma Tbk yang ditunjuk segera Siti Fadilah serta terima pembayaran dari Kemenkes, membayar ” supplier ” alkes yakni PT Mitra Medidua.

” Setelah itu PT Mitra Medidua pada 2 Mei 2006 kirim duit sebesar Rp 741, 5 juta serta pada 13 November 2006 kirim sebesar Rp50 juta ke rekening punya Yurida Adlanini yang disebut sekretaris pada Yayasan Sutrisno Bachir Foundation (SBF), ” kata Jaksa Penuntut Umum KPK Iskandar Marwanto di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (31/5) malam.

Pada dana itu, Nuki Syahrun sebagai ketua Yayasan SBF memerintahkan Yurdia untuk memindahbukukan beberapa dana pada rekening pengurus PAN, Nuki Syahrun serta Tia Nastiti (anak Siti Fadilah). Pengiriman dana dari PT Mitra Medidua pada Yayasan SBF yang lalu beberapa ditransfer ke rekening pengurus DPP PAN sudah sesuai sama arahan Siti Fadilah untuk menolong PAN.

Nuki sebagai ketua Yayasan SBF lantas memerintahkan untuk memindahbukukan beberapa dana pada pihak-pihak yang mempunyai jalinan kedekatan dengan Siti Fadilah salah satunya :

1. Pada 26 Desember 2006 ditransfer ke rekening Sutrisno Bachir sebesar Rp 250 juta.
2. Pada 15 Januari 2007 ditransfer ke rekening Nuki Syahrun sebesar Rp 50 juta.
3. Pada 15 Januari 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais sebesar Rp 100 juta.
4. Pada 13 April 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais sebesar Rp 100 juta.
5. Pada 1 Mei 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais Rp 100 juta dan rekening Nuki Syahrun sebesar Rp 15 juta.
6. Pada 21 Mei 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais Rp 100 juta.
7. Pada 13 Agustus 2007 ditransfer ke rekening M Amien Rais sebesar Rp 100 juta.
8. Pada 2 November 2007 ditransfer ke rekening Tia Nastiti sebesar Rp 10 juta dan M Amien Rais sebesar Rp 100 juta.

Dalam perkara ini, Siti Fadilah dituntut 6 tahun penjara ditambah denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan ditambah kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp 1,9 miliar subsider 1 tahun kurungan.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *