Select your Top Menu from wp menus

Komisi I DPR RI Dukung Keputusan Presiden Membentuk BSSN

Komisi I DPR RI Dukung Keputusan Presiden Membentuk BSSN

Fifa Berita, Politik – Ketentuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Ketentuan Presiden Nomor 53 Th. 2017 mengenai Tubuh Siber serta Sandi Negara (BSSN) memperoleh animo dari Komisi I DPR.

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilainya langkah presiden untuk lakukan pengamanan pada siber sangatlah dibutuhkan.

Komisi I DPR RI Dukung Keputusan Presiden Membentuk BSSN

“Sesungguhnya telah mulai sejak lama kami di Komisi I mendorong selekasnya ada tubuh yang dengan cara spesial mengatasi keamanan siber, mengingat ancaman dari dunia maya makin bertambah seperti belum lama ini ada serangan siber lewat malware “wannacry” ke system komputasi di beberapa negara termasuk juga Indonesia, ” kata Sukamta Jumat (2/6).

Ia mengharapkan lewat Perppu ini dapat selekasnya bikin rencana yang masak untuk bangun system keamanan siber.

“Badan ini butuh bikin roadmap yang pasti serta terarah untuk pengembangan SDM Siber yang tangguh serta bangun kekuatan tehnologi siber yang mumpuni dengan cara mandiri hingga tak ada ketergantungan dengan product asing di hari esok, ” sebut sekertaris fraksi PKS itu.

Disamping itu, sambung dia, berkaitan karenanya ada kecemasan kalau BSSN dalam pengawasan siber punya potensi langgar hak-hak warga, menyebutkan kalau hak-hak warga negara begitu terang ditanggung didalam UUD 1945, ini yaitu ketentuan basic yg tidak dapat dilanggar oleh ketentuan perundang-undangan dibawahnya.

“UU ITE juga sudah memberi koridor yang pasti, mengatur hak serta keharusan dalam pemakaian siber dengan cara bebas serta bertanggungjawab, jadi tak perlu ada kecemasan masalah itu, ” tuturnya.

“Tentu saja dalam aplikasinya, kami di Komisi I selalu lakukan pengawasan serta pelajari pada tubuh baru ini untuk meyakinkan tak ada hak-hak warga yang dilanggar, baiknya orang-orang juga berbarengan sama lakukan pengawasan dengan cara kritis”, tukas Sukamta.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *