Select your Top Menu from wp menus

Di Hadapan Senat AS, Mantan Direktur FBI Bicara Masalah Pemecatannya

Di Hadapan Senat AS, Mantan Direktur FBI Bicara Masalah Pemecatannya

Fifa Berita, Dunia, Washington DC Bekas Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) James Comey menuding Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat dianya untuk mengganggu penyelidikan intervensi Rusia. FBI masih tetap selalu menyelidiki sangkaan kolusi tim kampanye Trump dengan Rusia dalam pilpres 2016.

Seperti ditulis Reuters, Jumat (9/6/2017), Comey tampak memberi info segera dihadapan Komisi Intelijen Senat AS pada Kamis (8/6) saat setempat. Kemunculan Comey ini adalah yang pertama selesai dianya dipecat Trump pada 9 Mei lantas.

Baca Juga: Presiden AS Donald Trump, Bantah Minta FBI Hentikan Kasus Kolusi dengan Rusia

Dihadapan beberapa Senator AS, Comey mengakui meyakini Trump sudah ‘mengarahkan’ dianya untuk hentikan penyelidikan FBI pada Michael Flynn, bekas penasihat keamanan nasional Trump. Penyelidikan Flynn adalah sisi dari penyelidikan sangkaan intervensi Rusia pada pilpres AS.

Sepanjang lebih dari dua jam, Comey memanggil pemerintahan Trump sudah berbohong serta memfitnah dianya serta FBI selesai pemecatannya bln. lantas. Fitnah yang disebut yaitu komentar kalau FBI tengah dirundung kekacauan dibawah kepemimpinan Comey serta beberapa stafnya kehilangan keyakinan pada Comey. ” Itu semuanya bohong, simpel serta terang, ” ucapnya.

Di Hadapan Senat AS, Mantan Direktur FBI Bicara Masalah Pemecatannya

Waktu di tanya apakah dianya memikirkan Trump sudah menghambat penyelidikan, Comey malas menjawab. Dia menyebutkan semua bergantung pada penasihat spesial, Robert Mueller, yang saat ini memimpin penyelidikan sangkaan intervensi Rusia ‘untuk memastikannya’.

” Saya fikir bukanlah pekerjaan saya untuk menyampaikan apakah pembicaraan saya dengan presiden adalah usaha menghambat penyelidikan. Saya menganggapnya jadi hal yang begitu mengganggu, begitu mencemaskan, ” ucap Comey.

Baca Juga: Donald Trump Minta FBI Menghentikan Penyelidikan Dugaan Kolusi Penasihat Seniornya 

Duduk bertemu dengan beberapa Senator AS yang melemparkan pertanyaan satu per satu, Comey memberi jawaban singkat serta tenang. Jawaban-jawabannya melukiskan Trump jadi presiden yg tidak dipercayainya serta menekannya untuk hentikan penyelidikan FBI atas Flynn.

Beberapa pengkritik Trump memanggil, tiap-tiap usaha apa pun dari Presiden AS untuk mencampuri penyelidikan FBI sama juga dengan tindak menghambat penyelidikan. Sikap itu tidak layak dikerjakan seseorang presiden serta dapat berbuntut pada pemakzulan.

Comey tidak mengungkap selanjutnya masalah keterikatan Trump ataupun stafnya dengan Rusia. Rusia sendiri telah menyangkal tudingan kalau pihaknya mengintervensi pilpres AS. Gedung Putih juga menyangkal ada kolusi dengan Rusia.

Di Hadapan Senat AS, Mantan Direktur FBI Bicara Masalah Pemecatannya

Waktu kembali di tanya masalah argumen sesungguhnya Trump memecat dianya, Comey menjawab : ” Sekali lagi, saya berasumsi serius kalimat presiden. Saya ketahui saya dipecat karna suatu hal hal berkaitan langkah saya memimpin penyelidikan (kolusi) Rusia yang dikira menghimpit dianya (Trump), mengganggunya, serta dia mengambil keputusan untuk memecat saya karenanya. ”

Dalam peluang itu, Comey mengaku sudah memberi salinan memo yang ditulisnya masalah pembicaraan dengan Trump pada pihak-pihak diluar Departemen Kehakiman AS serta memohon seseorang rekannya ‘membocorkannya’ pada wartawan. Diakuinya selalu mencatat isi percakapannya dengan Trump karna cemas Trump bakal berbohong masalah pertemuan mereka. ” Jadi saya fikir begitu utama untuk mencatatnya, ” katanya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *