Select your Top Menu from wp menus

Dalam Dua Tahun Bank BRI Salurkan KUR Rp132,4 Triliun

Dalam Dua Tahun Bank BRI Salurkan KUR Rp132,4 Triliun

Jakarta, Ekonomi, Bank BRI Salurkan KUR Rp132,4 Triliun, Fifa Berita – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) selama dua th. mulai sejak credit usaha rakyat (KUR) skema baru di luncurkan pada Agustus 2015 sampai Agustus 2017 berhasil menyalurkan KUR sejumlah Rp132, 4 triliun pada lebih dari 7, 4 juta debitur baru.

Dari keseluruhan Rp132, 4 triliun yang disalurkan sepanjang dua th. paling akhir, sekitaran Rp46, 7 triliun disalurkan pada periode Januari 2017- Agustus 2017.

” Jumlah ini jadikan Bank BRI jadi bank penyalur KUR paling besar di Indonesia serta adalah bentuk prinsip BRI pada pemberdayaan UMKM, ” tutur Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Menurut dia, perolehan ini sama dengan 65, 8% dari keseluruhan tujuan penyaluran KUR BRI di 2017 sebesar Rp71 triliun. Perseroan juga optimis dapat menyalurkan sesuai sama tujuan yang sudah diputuskan sampai akhir th..

Dia menuturkan, sebesar 40% dari Rp46, 7 triliun KUR yang disalurkan di th. ini atau sekitaran Rp18, 4 triliun sudah disalurkan ke bidang produktif.

Selanjutnya Hari mengungkap, sekarang ini usaha mikro, kecil serta menengah (UMKM) memberi peran perlu untuk perkembangan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja di Indonesia. UMKM memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja sekitaran 97% dari semua tenaga kerja nasional serta berperan pada product domestik bruto (PDB) sekitaran 57%.

Tetapi, aktor UMKM masih tetap hadapi sebagian masalah, salah satunya minimnya info ataupun akses untuk peroleh credit/pembiayaan, hingga membatasi perkembangan usaha serta kesempatan investasi. Dalam kurun saat 2007-2014, realisasi penyaluran KUR melampaui tujuan yang diputuskan pemerintah.

Pada 2015, pemerintah lakukan sebagian penyempurnaan menyangkut penguatan regulasi serta perbaikan skema KUR. ” Keinginannya, dengan terdapatnya penyempurnaan dapat mensupport pengurangan gini ratio dari 0, 41 jadi 0, 36 di 2019, serta pengurangan kemiskinan dari 10, 96% jadi 7%-8%, ” tutur dia.

Ke depan, Bank BRI selalu meningkatkan penyaluran KUR ke bidang produktif. Sebagian kiat salah satunya dengan mencapai grup petani serta nelayan dan komune UMKM di beberapa daerah.

” Diluar itu, Bank BRI juga akan memakai kehadiran agen BRILink yang menjangkau lebih dari 103 ribu agen untuk mencapai potensi penyaluran KUR yang lebih luas, ” jelas Hari.

Sebagian kiat itu dikerjakan supaya penyaluran KUR mempunyai multiplier effect yang maksimum mendorong perkembangan ekonomi di Indonesia.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *