Select your Top Menu from wp menus

Kekeringan, Petani di Karanganyar Terpaksa Gunakan Air Limbah Tebu untuk Irigasi

Kekeringan,Petani di Karanganyar Terpaksa Gunakan Air Limbah Tebu untuk Irigasi

Karanganyar, Peristiwa, Kekeringan, Fifa Berita – Petani di sekitaran pabrik gula (PG) Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah, sangat terpaksa memakai limbah pemrosesan tebu untuk air irigasi. Kekeringan yang makin kronis menyebabkan petani kesusahan air untuk mensupport aktivitas bercocok tanam.

Satu diantara petani asal Kecamatan Tasikmadu, Sardi (65) menyebutkan, ada sekitaran 20 hektare (ha) tempat pertanian di lokasi setempat yang memercayakan irigasi dari limbah tebu saat musim kemarau. Bahkan juga untuk pemerataan petani, air limbah dari PG Tasikmadu digilir untuk memenuhi keperluan. “Satu minggu sekali saya bisa giliran limbah untuk mengairi sawah. Bila belum juga giliran, kami tidak bisa ambil airnya, ” ungkap Sardi, Selasa (12/9/2017).

Saat musim kemarau, air limbah tebu begitu berguna untuk petani. Walau baunya cukup menyengat, limbah tebu jadi hanya satu sumber air yang dapat dihandalkan untuk mengairi sawah. “Saat musim kemarau, air dari waduk telah tidaklah sampai karna alami kekeringan, ” tandasnya.

Sepanjang musim kemarau, ada lima desa yang memercayakan air limbah dari pabrik gula yang dibuat pada saat Mangkunegaran IV itu. Kelimanya yaitu, Desa Karangmojo, Desa Buran, serta Desa Kaling di Kecamatan Tasikmadu. Lalu Desa Brujul di Kecamatan Jaten serta Desa Nangsri di Kecamatan Kebakkramat.

Tidak jauh berlainan disibakkan Suroto, petani asal Desa Kaling. Saat masa tanam ke-3, air irigasi susah diperoleh. Walau hasil riset mengatakan limbah pemrosesan tebu beresiko negatif, petani tak akan mempedulikannya karna tidak mempunyai jalan keluar beda untuk penuhi keperluan irigasi.

“Terpaksa dipakai, bila tidak, jadi kami tidak dapat panen. Air limbah tebu cuma kami gunakan saat kekeringan serta cuma untuk pertanian padi. Bila untuk tanaman yang lain tidak dapat, ” tutur Suroto.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *