Select your Top Menu from wp menus

KSKP Bakaueni, Berhasil Gagalkan Penyelundupan Kura-Kura Kaki Gajah

KSKP Bakaueni, Berhasil Gagalkan Penyelundupan Kura-Kura Kaki Gajah

Lampung, Peristiwa, Penyelundupan Kura-Kura Kaki Gajah, Fifa Berita – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakaueni, mengamankan tujuh ekor kura-kura tanpa ada diperlengkapi dokumen. Ke-7 ekor kura-kura yang datang dari Padang, Sumatera Barat (Sumbar) itu juga akan diselundupkan ke Jakarta memakai jalur penyeberangan Pelabuhan Bakauheni.

Penyelundupan satwa yang berhasil digagalkan petugas KSKP Bakauheni ini tersingkap waktu petugas lakukan kontrol tiap-tiap kendaraaan yang masuk lokasi Pelabuhan Bakauheni Lampung, Senin, 11 September 2017 sore. Petugas yang berprasangka buruk dengan kehadiran tujuh peti di bagasi kendaraaan bus penumpang PO NPM Nopol BA 7633 BU, lakukan kontrol. Nyatanya, petugas temukan peti kayu itu diisi kura-kura memiliki ukuran besar. Hewan itu disangka juga akan diperjual-belikan ke luar negeri untuk bahan obat-obatan karna harga hewan itu cukup tinggi.

Petugas segera lakukan penahanan pada hewan reptil yang diprediksikan telah berusia beberapa puluh th. itu karna tidak mempunyai dokumen sesuai sama kriteria. Manfaat penyelidikan selanjutnya, petugas KSKP membawa ke-7 ekor kura-kura ke Kantor KSKP Bakauheni. Petugas KSKP Bakauheni akan menyerahkan tujuh ekor kura-kura itu ke petugas Balai Karantina Ikan lokasi kerja Bakauheni.

“Dari hasil kontrol dan koordinasi dengan petugas Balai Karantina Ikan, kura-kura itu type kaki gajah. Memanglah tidak termasuk juga satwa yang dilindungi, tetapi dibatasi peredarannya. Sebab, macamnya telah nyaris punah di lokasi indonesia, ” kata Kepala Unit (Kanit) Reskrim KSKP Bakauheni Iptu Ipran.

Iptu Ipran menyatakan, yang memiliki kura-kura sudah tidak mematuhi pasal 31 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Th. 1992 mengenai Karantina Ikan dengan pidana tiga th. penjara serta denda Rp150 juta.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *