Select your Top Menu from wp menus

Yok Kita Kenali Halimah Yacob Presiden Pertama Muslimah Singapura

Yok Kita Kenali Halimah Yacob Presiden Pertama Muslimah Singapura

Singapura, Halimah Yacob Presiden Pertama Muslimah Singapura, Fifa Berita – Bekas Ketua Parlemen Singapura Halimah Yacob di pastikan jadi presiden muslimah pertama di negara itu sesudah jadi hanya satu calon yang penuhi prasyarat pemilu presiden 2017.

Pemilu presiden Singapura sedianya di gelar minggu ke-2 September 2017. Tetapi, karena Halimah jadi calon tunggal, dia di pastikan jadi presiden tanpa ada pengambilan suara. Dua calon lawan Halimah, Mohamed Salleh Marican serta Farid Khan tidak berhasil penuhi prasyarat walau nominasi presiden resmi ditutup Rabu (13/9/2017) siang besok.

Halimah jadi sorotan dunia, karna dia dari etnis Melayu yang sampai kini langka jadi pemimpin negeri Merlion. Politisi Melayu muslim ini lahir 23 Agustus 1954. Dia sempat jadi anggota People’s Action Party (PAP) atau Partai Tindakan Rakyat yang lalu jadi Ketua Parlemen dari Januari 2013 hingga Agustus 2017.

Pada tanggal 7 Agustus 2017, dia mengundurkan diri dari jabatannya jadi Ketua Parlemen serta anggota PAP karna jadi calon untuk penentuan presiden Singapura 2017.

Halimah dididik di Singapore Chinese Girls’ School serta Tanjong Katong Girls’ School, sebelumnya meneruskan ke University of Singapore dimana dia merampungkan titel LLB (Bachelor Legum Of Law) pada th. 1978. Pada th. 2001, dia merampungkan titel LLM (The Master of Laws) di National University of Singapore, serta memperoleh titel Doktor Kehormatan dari National University of Singapore pada tanggal 7 Juli 2016.

Baca Juga : Halimah Yacob Akan Menjadi Presiden Perempuan Pertama di Singapura Berikutnya

Wanita ini sempat bekerja jadi praktisi hukum di Kongres Serikat Perdagangan Nasional pada th. 1992. Dia ditunjuk jadi direktur Institut Studi Ketenagakerjaan Singapura (saat ini di kenal jadi Institut Studi Ketenagakerjaan Ong Teng Cheong) pada th. 1999.

Halimah masuk politik pada th. 2001 waktu dia dipilih jadi anggota parlemen untuk Konstituensi Perwakilan Jurong Group (GRC). Pada pemilu 2015, Halimah yaitu hanya satu calon minoritas untuk PAP.

Wanita ini di kenal aktif berkampanye melawan grup Islam radikal. Dia sering mengecam grup Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

”Saya berjanji untuk lakukan yang paling baik yang dapat saya kerjakan untuk melayani orang-orang Singapura serta itu tidak beralih, adakah pemilu atau tak ada pemilu, ” tuturnya, tempo hari.

”Semangat serta prinsip saya untuk melayani rakyat Singapura tetaplah sama. Saya tetaplah memiliki komitmen penuh untuk melayani Singapura, ” katanya.

Halimah juga akan menukar tempat Tony Tan, yang sudah 6 th. menjabat jadi presiden negara itu. Terkecuali jadi wanita pertama yang menjabat jadi presiden, Halimah akan jadi warga keturunan Melayu pertama yang menyandang jabatan presiden dalam kurun 47 th. paling akhir.

Sampai saat ini, telah 7 profil yang sempat menjabat jadi Presiden Singapura. Mereka yaitu Yusof Ishak (1965-1970), Benjamin Sheares (1971-1981), C. V. Devan Nair (1981-1985), Wee Kim Wee (1985-1993), Ong Teng Cheong (1993-1999), Sellapan Ramanathan (1999-2011), serta Tony Tan Keng Yam (2011-2017).

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *