Select your Top Menu from wp menus

Jokowi Belum Ada Lawan Sebanding Di Pemilu 2019

Jokowi Belum Ada Lawan Sebanding Di Pemilu 2019

Berita Politik, FifaBerita – Jauh hari sebelumnya Pilpres, Centre for Strategic and International Studies (CSIS) melaunching hasil surveinya mengenai elektabilitas profil calon presiden untuk Pemilu 2019. Mengacu survey yang dikerjakan pada 23-30 Agustus itu, nama Joko Widodo dengan kata lain Jokowi masih tetap mempunyai elektabilitas teratas.

Jokowi Belum Ada Lawan Sebanding Di Pemilu 2019

Peneliti CSIS Arya Fernandes menyebutkan, selisih elektabilitas Jokowi dengan profil di bawahnya cukup penting. Sebab, selisihnya menjangkau 25 %.

“Suara Joko Widodo alami kenaikan cukup penting dari dua th. terlebih dulu. Pada 2015 cuma 36, 1 %, naik jadi 41, 9 % pada 2016 serta kembali naik jadi 50, 9 % pada 2017, ” tutur Arya waktu melaunching hasil survey CSIS di Jalan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Sesaat dibawah Jokowi ada nama Prabowo Subianto. Elektabilitas ketua umum Partai Gerindra itu tunjukkan kenaikan.

Cuma saja, persentasenya tidak sebagus elektabilitas Jokowi. Pada survey CSIS yang dikerjakan pada 2015 lantas, elektabilitas bekas Danjen Kopassus itu cuma 28 %.

Setelah itu, elektabilitas Prabowo turun jadi 24, 3 % pada 2016. Tetapi, elektabilitas bekas Pangkostrad itu kembali naik jadi 25, 8 % pada 2017.

Terkecuali Jokowi serta Prabowo, CSIS juga memetakan elektabilitas tokoh yang lain. Diantara nama beda yang keluar yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 2, 8 %.

Elektabilitas sisa tentara dengan pangkat paling akhir mayor itu menaklukkan bapaknya, Susilo Bambang Yudhoyono dengan 2, 7 %. Lalu ada nama Tri Rismaharini (2, 4 %) serta Ridwan Kamil (2, 1 %).

Nama yang terakhir populer seperti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serta Gubernur DKI Dipilih Anies Baswedan malah mempunyai elektabilitas dibawah 2 %. Gatot mempunyai elektabilitas 1, 8 %, sedang Anies miliki tingkat keterpilihan 0, 7 %.

Bahkan juga, elektabilitas Anies masih tetap dibawah Basuki T Purnama dengan kata lain Ahok. Bekas gubernur DKI yang saat ini ada di bui itu mempunyai elektabilitas 1, 3 %.

Survey CSIS dikerjakan lewat wawancara tatap muka dengan jumlah responden seribu orang, yang menyebar dengan seimbang di 34 propinsi di Indonesia. Survey memakai cara multi stage random sample itu mempunyai margin of error kurang lebih 3, 1 % pada tingkat keyakinan 95 %.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *