Select your Top Menu from wp menus

Giliran Biksu Rohingya Yang Diseret dan Dipukuli Tentara

Giliran Biksu Rohingya Yang Diseret dan Dipukuli Tentara

Berita Peristiwa, FifaBerita – Bila perancang hoaks dahulu memelintir info mengenai muslim Rohingya, saat ini giliran photo biksu Rohingya dikejar serta diseret tentara dipalsukan.

Satu diantara akun sosial media yang menebarkan komposisi tiga photo. Gambar pertama, regu tentara bersenjata yang mengarungi lautan.

Giliran Biksu Rohingya Yang Diseret dan Dipukuli Tentara

Gambar ke-2, tentara yang tengah menguber biksu sambil mengacungkan tongkat. Gambar ke-3, tentara yang menyeret paksa biksu.

Yang memiliki akun menuliskan info kalau sekarang ini Myanmar dikepung beragam tentara dari Asia.

Bahkan juga, tentara Turki menyerang biksu sampai mereka lari ketakutan. ’’Pasukan pembantai Rohingya selekasnya dihilangkan dari muka bumi ini, ’’ tulisnya.

Berdasarkan pencarian digital, gambar itu sesungguhnya tidak terkait dengan perseteruan Rohingya di Myanmar.

Misalnya, gambar pertama, tentara bersenjata yang mengarungi lautan. Gambar itu sesungguhnya tentara Turki waktu ikuti latihan perang Sea Breeze di perairan Laut Hitam pada 2010.

Beda sekali lagi dengan gambar ke-2, tentara yang menguber biksu. Gambar itu sesungguhnya polisi Kamboja yang tengah menguber biksu pada tindakan demo dimuka Kedutaan Besar Vietnam, Phnom Penh, Desember 2007.

Polisi mengerjakannya karna temukan biksu palsu dalam grup demonstran sebagai provokator.

Disamping itu, gambar ke-3 yaitu photo mengenai polisi Nepal yang mengamankan biarawan waktu berdemo di Kedutaan Besar Tiongkok di Kathmandu, Nepal, pada 25 Maret 2008.

Photo itu di ambil Saurabh Das, photografer Associated Press, serta dimuat media CBCnews.

Kesimpulannya, beberapa photo itu sekalipun tidak terkait dengan perseteruan di Rohingnya. Photo itu di ambil jauh sebelumnya perseteruan Rohingnya memanas pada 2017.

Masih tetap ingin mudah yakin dengan berita hoaks?

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *